loader

Visit

[Virtual Office] Office 8 Building, Level 18A. Jalan Jenderal Sudirman 52-53. Jakarta 12190. Indonesia

The Climate Realty Project Light Logo
Climate Education Game Day
31 May

Climate Education Game Day

Oleh: Jonathan Putra & Nadia Amanda
Intern Climate Reality Indonesia

Krisis iklim telah menjadi salah satu isu paling mendesak di abad ini. Dampaknya terasa di seluruh dunia, dari cuaca yang tidak menentu hingga bencana alam yang semakin sering terjadi. Dalam menghadapi tantangan ini, pendidikan tentang lingkungan dan perubahan iklim menjadi kunci penting untuk membangun kesadaran dan tindakan yang diperlukan untuk melindungi planet kita. Pada situasi saat ini menuntut agar kita semua memahami dengan lebih dalam tentang krisis iklim, perubahan iklim bukan hanya masalah lokal atau nasional, tetapi juga merupakan isu global yang mempengaruhi kehidupan setiap individu di planet ini. Hal ini mengingatkan kita bahwa tanggung jawab untuk melindungi bumi bukanlah hanya milik orang dewasa, tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama bagi semua generasi, termasuk generasi muda yang akan mewarisi bumi ini.

The Climate Reality Project Indonesia, sebuah organisasi non-pemerintah yang berfokus pada pendidikan dan advokasi lingkungan, berkolaborasi dengan Climate Fresk dan Yayasan Indonesia Cerah, dua organisasi yang mengkhususkan diri dalam pendidikan tentang perubahan iklim, mengadakan sebuah acara pendidikan pada tanggal 26 Mei 2024, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang isu-isu lingkungan, terutama perubahan iklim. Salah satu bagian penting dari acara ini adalah penggunaan pendekatan berbasis permainan, dengan menggunakan Emisi Board Game dan Climate Fresk Card Game.

‘Emisi’ board game adalah sebuah game edukasi yang dirancang untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang isu-isu lingkungan, terutama perubahan iklim, melalui pengalaman yang interaktif dan mendidik. Adalah game board yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang perubahan iklim dan masalah lingkungan secara menarik dan interaktif.

Dalam acara Climate Education Game Day ini, para peserta tidak hanya didorong untuk memahami sains dasar di balik perubahan iklim, tetapi juga untuk merasakan dampaknya secara langsung. Dengan memasuki peran sebagai anggota kelompok yang harus bekerja sama untuk mengatasi tantangan lingkungan yang kompleks, peserta belajar untuk mempertimbangkan berbagai faktor yang saling terkait, termasuk aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan, dalam merancang solusi yang berkelanjutan. Melalui pengalaman simulasi ini, mereka tidak hanya memahami kompleksitas masalah lingkungan, tetapi juga mengembangkan keterampilan analisis sistemik yang diperlukan untuk menciptakan solusi yang efektif.

Selain itu, Emisi Board Game juga menekankan pentingnya pemikiran sistemik. 4 lebih peserta diajak untuk mempertimbangkan dampak dari setiap keputusan yang mereka buat, baik pada lingkungan maupun pada masyarakat. Hal ini membantu mereka memahami bahwa masalah lingkungan tidak bisa dipisahkan dari konteks yang lebih luas, dan bahwa solusi yang efektif memerlukan pendekatan yang terintegrasi. Permainan ini juga bertujuan untuk membangun keterampilan komunikasi dan kerjasama. Dalam suasana yang santai dan kolaboratif, peserta dapat berdiskusi, bernegosiasi, dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
Secara lebih rinci, permainan Emisi menawarkan pengalaman yang mendalam dalam memahami kompleksitas tantangan yang terkait dengan perubahan iklim dan keberlanjutan ekonomi.

Setiap peserta akan diberi tugas untuk memainkan peran sebagai perwakilan dari sebuah negara, dan tugas mereka adalah untuk mencapai keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan menjaga lingkungan agar tetap sehat. Setiap jenis kartu yang digunakan dalam permainan mungkin mewakili berbagai aspek kebijakan dan tindakan yang dapat diambil oleh peserta untuk memengaruhi jalannya permainan. Misalnya, ada kartu yang mewakili kebijakan energi terbarukan, kartu yang mewakili teknologi ramah lingkungan, kartu yang mewakili kebijakan pengurangan emisi, dan sebagainya. Peserta harus menggunakan kartu-kartu ini secara strategis untuk membangun infrastruktur, mengelola sumber daya alam, dan mengembangkan ekonomi mereka tanpa merusak lingkungan.

Terdapat elemen awan emisi yang menjadi fokus utama permainan. Awan ini mewakili tingkat emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh setiap negara. Peserta harus bekerja sama untuk menjaga awan emisi sekecil mungkin agar tidak memicu dampak buruk terhadap iklim global. Ini bisa mencakup kerjasama antar-negara untuk mengadopsi kebijakan yang lebih hijau, berinvestasi dalam teknologi bersih, atau bahkan melakukan perdagangan emisi untuk mencapai target bersama. Selain itu, peserta juga harus memperhatikan aspek ekonomi permainan. Mereka harus memastikan bahwa ekonomi negara mereka tumbuh dan stabil sambil mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan. Misalnya, penggunaan sumber daya alam yang berlebihan atau kebijakan ekonomi yang tidak berkelanjutan dapat menyebabkan degradasi lingkungan yang merugikan bagi semua peserta.

Permainan selanjutnya adalah Climate Fresk yaitu, sebuah permainan kolaboratif yang mengajak para pemainnya untuk menyusun kartu-kartu bergambar secara logis dan menghubungkan sebab-akibat dari berbagai faktor yang berkaitan dengan perubahan iklim. Permainan ini dikembangkan oleh organisasi nirlaba Perancis bernama “The Shift Project” dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang kompleksitas isu perubahan iklim secara interaktif dan menarik.

Dalam permainan ini, para pemain dibagi menjadi beberapa kelompok kecil. Masing-masing kelompok akan menerima sekitar 42 kartu bergambar yang menggambarkan berbagai aspek seperti aktivitas manusia, proses alam, konsekuensi perubahan iklim, dan solusi potensial. Tugas para pemain adalah untuk menyusun kartu-kartu tersebut secara logis, menghubungkan sebab-akibat antara satu kartu dengan kartu lainnya, sehingga membentuk suatu narasi yang menjelaskan dinamika perubahan iklim secara keseluruhan. Salah satu keunikan Climate Fresk adalah bahwa permainan ini tidak memiliki solusi yang baku atau jawaban yang benar secara mutlak. Setiap kelompok dapat menghasilkan susunan kartu yang berbeda-beda, tergantung pada pemahaman dan interpretasi mereka terhadap hubungan sebab-akibat yang terjadi. Namun, pada akhirnya, setiap kelompok akan mempresentasikan hasil susunan kartu mereka dan membahasnya bersama untuk mencapai pemahaman yang lebih komprehensif.

Selain menjadi media pembelajaran yang interaktif, Climate Fresk juga bertujuan untuk memicu diskusi dan refleksi mendalam tentang dampak perubahan iklim terhadap kehidupan manusia dan lingkungan. Permainan ini membantu para pemain untuk memvisualisasikan kompleksitas isu perubahan iklim dan memahami betapa saling terkaitnya berbagai faktor yang terlibat di dalamnya. Climate Fresk telah dimainkan oleh ribuan orang di seluruh dunia, baik oleh kalangan pelajar, mahasiswa, profesional, maupun masyarakat umum. Permainan ini telah terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang perubahan iklim, serta mendorong pemikiran kritis tentang langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasi tantangan ini.

Tidak hanya itu, acara ini juga dihadiri oleh beberapa tokoh yang ahli dalam bidang lingkungan, termasuk Dr. Amanda Katili Niode, Direktur Climate Reality Indonesia, dan fasilitator dari Cerah serta Climate Fresk. Keberadaan mereka memberikan perspektif yang berharga dan mendalam tentang tantangan yang dihadapi oleh planet kita dan pentingnya pendidikan dalam mengatasi krisis iklim. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai peserta, termasuk youth leader CRP, alumni, dan aktivis lingkungan lainnya. Antusiasme yang tinggi dari para peserta menunjukkan bahwa kegiatan edukasi ini berhasil mencapai tujuannya. Mereka tidak hanya menjadi lebih sadar akan isu-isu lingkungan, tetapi juga lebih terlibat dalam upaya menjaga keseimbangan bumi dan menjadi pemimpin yang peduli terhadap lingkungan mereka.

  • Tags:



    Categories

    Tags

    Latest Post

    Climate Education Game Day
    31 May

    Climate Education Game Day

    Oleh: Jonathan Putra & Nadia Amanda Intern Climate Reality Indonesia Krisis iklim telah menjadi salah satu isu paling mendesak di abad ini. Dampaknya terasa di seluruh dunia, dari cuaca yang tidak menentu hingga bencana alam yang semakin sering terjadi. Dalam menghadapi tantangan ini, pendidikan tentang lingkungan dan perubahan iklim menjadi kunci penting untuk membangun kesadaran dan tindakan yang diperlukan untuk…
    Read More
    The Hubris of Power: Unveiling Patriarchy, Environmental Challenges, and Political Dysfunction in Contemporary Indonesian Politics
    30 April

    The Hubris of Power: Unveiling Patriarchy, Environmental Challenges, and Political Dysfunction in Contemporary Indonesian Politics

    By: Muhammad Adzkia Farirahman There is nothing more tragic than the hubris of men in politics. Even today, Indonesia is widely considered a patriarchal society. This is evident in the public discourse surrounding the 7th president of the Republic. The 62-year-old male is celebrated as a 'Father Figure' of the nation, harking back to feudal times when Indonesia had yet…
    Read More
    Konferensi Tahunan “Let’s Do It! Asia 2024 Penang” untuk Gerakan #TheWorldWeWant
    30 April

    Konferensi Tahunan “Let’s Do It! Asia 2024 Penang” untuk Gerakan #TheWorldWeWant

    Membangun Gerakan #TheWorldWeWant atau dunia yang kita inginkan yang diprakarsai Climate Action Network International sekian tahun ini, bagi sebagian orang mungkin terdengar terlalu utopis. Tetapi bagi para aktivis iklim dan lingkungan, ini adalah sebuah visi yang selalu berhasil memantik semangan dan memberi dorongan energi besar saat lelah mental mendera. Termasuk bagi Climate Reality Indonesia yang menandatangani Kesepakatan Kerja Sama sejak…
    Read More
    Kedaulatan Pangan: Aksi Lokal untuk Solusi Iklim Global
    20 February

    Kedaulatan Pangan: Aksi Lokal untuk Solusi Iklim Global

    Catatan dari Kegiatan Urip nDeso #reguler Sekolah Pagesangan, 28-30 Desember 2023 Penulis: Arifah Handayani Sebagai Community Action Manager di Climate Reality Indonesia, dan aktivis yang telah bergerak lebih dari 13 tahun dalam upaya mengarusutamakan krisis iklim, saya baru benar-benar menyadari betapa rentannya sistem pangan negeri kita menghadapi ancaman krisis iklim. Hadir sebagai peserta dalam kegiatan Urip nDeso #reguler yang diselenggarakan…
    Read More
    Mock COP Policy Briefs 2023
    13 February

    Mock COP Policy Briefs 2023

    CLick here to access the full version Policy Brief 1 Policy Brief 2
    Read More
    Ketahanan dan Kesejahteraan Suku Baduy di Antara Ancaman Bencana Alam
    19 January

    Ketahanan dan Kesejahteraan Suku Baduy di Antara Ancaman Bencana Alam

    Indonesia, sebagai negara yang terletak di Cincin Api Pasifik, seringkali menjadi saksi berbagai bencana alam yang melibatkan gempa bumi, banjir, tanah longsor, dan letusan gunung api. Salah satu komunitas yang merasakan dampak langsung dari kejadian-kejadian ini adalah masyarakat Suku Baduy, yang tinggal di daerah yang terpencil di Provinsi Jawa Barat. Kehidupan mereka yang tradisional dan berpegang pada nilai-nilai adat, membuat…
    Read More

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    *
    *

    logo